GOL.id – Seperti yang kita ketahui, olahraga berefek baik bagi kesehatan kita. Energi meningkat, kesehatan tulang dan otot jadi lebih baik, bahkan meningkatkan kekuatan otak. Selain itu, ternyata olahraga tak melulu urusan fisik, tetapi aktif bergerak juga untuk memperbaiki suasana hati.

Dilansir laman Beritagar.id (9/4) sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Journal of Happiness Studies menunjukkan, seseorang bisa merasa lebih baik dan bahagia ketika selesai berolahraga dalam waktu yang relativ singkat, yaitu 10 menit.

Dari 1142 catatan yang ada, para peneliti menyimpulkan bahwa ada “hubungan positif yang konsisten antara aktivitas fisik dan kebahagiaan,” menurut laporan yang dipublikasikan. Studi meta-analisis Zhang dan Chen mengungkap hubungan signifikan antara aktivitas fisik dan kebahagiaan.

Meskipun mungkin ini bukan berita yang luar biasa, yang mengejutkan adalah betapa sedikitnya waktu yang dibutuhkan untuk merasakan efek positif olahraga pada kebahagiaan.

“Aktivitas fisik 10 menit per 1 hari olahraga dalam seminggu dapat meningkatkan kebahagiaan,” tulis Zhang dan Chen dalam laporan studi.

Hasil ini merupakan temuan yang menarik, periset merekomendasikan  untuk melakukan penelitian lebih lanjut guna menentukan bagaimana aktivitas fisik dapat memengaruhi perasaan bahagia. Juga menentukan takaran yang optimal dan jenis aktivitas yang tepat untuk meningkatkan kebahagiaan.

Well + Good juga mencatat bahwa sementara kebahagiaan bisa meningkatkan secara signifikan karena berolahraga dalam waktu yang tak seberapa, sesungguhnya efek kebahagiaan itu ada batasnya. Berolahraga lebih dari 150 menit sampai 300 menit per pekan, tidak dapat meningkatkan manfaat kebahagiaan lagi. Maka dari itu peneliti menyarankan, jika tujuannya agar lebih bahagia, Anda cukup berolahraga dua setengah sampai lima jam per minggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *