Gol.id – Olahraga, jarang orang ketahui jika aktifitas yang satu ini dapat menangkal gangguan fungsi kognitif, mencegah menjadi pelupa.

Dikutip laman Kompas.com, dr. Dea Pandhita, M.Kes, Sp.s.

“Dengan Olahraga, sel saraf otak bertahan dari kerusakan” ujarnya ditemui dalam temu media yang digelar Rumah Ssakit Pondok Indah, di Jakarta, Kamis (12/2018).

Olahraga bisa meningkatkan produksi brain derived neurotrophic factor (BDNF) oleh inti sel saraf otak. Protein tersebut membuat neuron lebih terjaga, bertambah, dan lebih aktif mendukung penerimaan rangsangan yang lebih terjaga

Orang yang sering berolahraga cenderung memiliki hippocampus yang lebih besar, karena dalam olahraga juga dapat menyebabkan organ hippocampus di otak lebih besar, sehingga mengumtungkan dalam pengolahan informasi.

“Pasalnya fungsi bagian tersebut untuk menyimpan memori,” lanjutnya

Lantas olahraga seperti apa yang dianjurkan? Tidak ada olahraga khusus, semua olahraga ya dibuat baik asal memenuhi syarat ini.

Dia mengatakan, olahraga mesti dilakukan teratur dengan kecepatan tetap.

“Misalnya jalan atau berenang berarti ya harus stabil bukan naik turun keterpacuannya. Ini sekaligus bagusuntuk memasok darah dari jantung ke dalam tubuh dalam jumlah yang cukup” terang Gea

“Yang terpenting, lakukan dalam 30 menit tiap kali olahraga. Seminggu minimal lima kali” pungkasnya menutup keterangan tersebut.(Yosep)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *