“Gunakanlah IT ini untuk meningkatkan perekonomian desa,kota -kabupaten bahkan provinsi. IT ini digunakan hanya untuk telpon/facebook tapi tidak untuk mendongkrak ekonomi diri sendiri lingkungan dan daerah,”kata K.H.Achmad. S.Utomo atau Gus Ut kepada wartawan di Pesantren Nurul Yaqin, SP III Aimas,Kabupaten Sorong ,Papua Barat, Selasa (16/10/2018).

Daerah-daerah seperti Kabupaten Sorong ini berpotensi maju pesat di bidang ekonomi apabila IT digunakan sesuai peruntukkannya.

Dicontohkan, hasil pertanian di Satuan Pemukiman (SP) III eks transmigrasi ini cukup besar namun pemasarannya mengalami kendala. Bahkan hasil pertanian itu terkadang hingga membusuk karena tak ada pembeli.

Kalau nanti warga pedesaan sudah terbuka wawasannya, maka IT ini digunakan sebaik-baiknya untuk meningkatkan perekonomiannya.

Saat ini banyak grup-grup WhatsApp (WA) silakan menginformasikan atau memasarkan hasil-hasil pertanian.

Misalnya, informasikan tentang panen jeruk atau semangka, pisang, sayur-sayuran dalam partai besar lengkap dengan harga, dan alamat . Maka, dipastikan dalam waktu dekat ada warga yang datang ke alamat bersangkutan untuk membeli produk hasil pertanian tersebut.

Di sinilah perlu kesadaran warga Sorong untuk maju sama dengan masyarakat di Bogor,Surabaya atau Jakarta. Pengaruh teknologi informasi dewasa ini warga di kawasan Barat Indonesia maju pesat di bidang perekonomian pedesaan.

Harapan warga untuk menjadi pengusaha itu benar-benar terjadi. Bukan hayalan atau retorika saja karena terbukti IT ini merubah wajah perekonomian masyarakat di Barat Indonesia.

Bukan saja hasil pertanian yang dipromosikan melalui IT, tapi bidang lain seperti rumah makan, restoran, rumah-rumah kos-kosan. Semua itu disebarl uaskan melalui IT maka, peminatnya di seluruh Indonesia makin banyak.

“Dari kenyataan ini, sangat perlu bagi warga di Sorong untuk mulai saat ini memanfaatkan media sebagai sarana untuk membangun ekonomi dan sarana guna membangun wilayah. Jika dimanfaatkan dengan baik dan benar IT ini akan mendorong perekonmian warga Sorong sama dengan masyarakat di kawasan Barat Indonesia,”kata Gus Ut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *