KPU (Foto: Antara/Reno Esnir)
Ada sejumlah agenda penting di Indonesia pada hari ini, Sabtu (17/2). kumparan (kumparan.com) merangkum tujuh peristiwa yang wajib kamu ikuti, mulai dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang mengumumkan penetapan partai politik (parpol) peserta Pemilu 2019 hingga final Piala Presiden di Stadion Utama Gelora Bung Karno.
Berikut rangkumannya:
1. KPU umumkan penetapan parpol
Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjadwalkan pengumuman penetapan partai politik (parpol) peserta Pemilu 2019 di Hotel Grand Mercure Harmoni, Jakarta, pada Sabtu (17/2). Sebanyak 16 parpol calon peserta pemilu sudah menyelesaikan proses verifikasi.
Seluruh data hasil verifikasi terhadap 16 parpol, mulai dari tingkat kabupaten, kota dan provinsi, sudah dirampungkan oleh KPU. Ke-16 parpol terdiri atas parpol lama dan parpol baru, yaitu PBB, Partai NasDem, PAN, Partai Demokrat, Partai Hanura, PKB, Partai Golkar, PDIP, Partai Gerindra, PKS, PKPI, PPP, Perindo, PSI, Partai Garuda dan Partai Berkarya.
Rencananya, penetapan parpol peserta Pemilu 2019 didahului proses rapat terbuka yang turut mengundang Bawaslu dan DKPP. Dari hasil rapat terbuka terdapat dua kemungkinan. Pertama, parpol dinyatakan memenuhi syarat. Kedua, parpol tidak memenuhi syarat sebagai peserta Pemilu 2019.
 
2. Jenazah Adelina tiba di Kupang

Suasana rumah duka Adelina

Suasana rumah duka Adelina. (Foto: Dok. Atoin Anas)

Jenazah Adelina, TKW korban kekerasan di Malaysia, akan tiba di Tanah Air pada Sabtu pagi (17/2). Jenazah akan dijemput keluarga untuk segera dibawa ke kampung halamannya, di Desa Abi, Nusa Tenggara Timur.
Kabar kedatangan jenazah Adelina tersebut didapat keluarga setelah pihak Kementerian Luar Negeri menelepon pada Kamis (15/2).
“Ini tadi jam 10.00 WITA baru ditelepon dari Kementerian Luar Negeri katanya pemberangkatan jenazah Adelina, nanti hari Sabtu jam 08.45 WITA sudah tiba di Kupang,” kata Ambrosius, paman Adelina.
 
3. HUT Kota Solo
Bulan Februari selalu menjadi bulan spesial bagi warga Kota Solo. Pasalnya pada 17 Februari 2018, Solo memperingati ulang tahun yang ke-273.
Dalam memperingati ulang tahun, pemerintah kota Solo akan menggelar semarak ragam jenang Solo di Benteng Vastenburg. Dalam kegiatan tersebut akan dibagikan 27.300 takir jenang ke masyarakat.
 
4. Peresmian dua pasar di Kabupaten Gowa yang dibangun dengan anggaran Rp 7,4 miliar
Dua pasar di Kabupaten Gowa yang dibangun dengan anggaran Rp7.4 miliar siap diresmikan hari ini (17/2). Usai diresmikan, pasar ini dapat difungsikan oleh para pedagang lokal .
kedua pasar tersebut yakni Pasar Sentral Sungguminasa dan Pasar Tarowattang yang terletak di Kecamatan Biringbulu. Akan diutamakan pedagang yang sudah lama untuk berjualan di pasaar tersebut. Dengan jumlah lods untuk Pasar Sentral Sungguminasa berjumlah 830 kios sementara di Pasar Tarowattang berjumlah 231 kios dan lods.
 
5. Persija vs Bali United, final piala presiden di GBK

Persija Jakarta vs Johor Darul Takzim

Persija Jakarta vs Johor Darul Takzim (Foto: Twitter/Persija_JKT)

Piala Presiden 2018 akan menentukan siapa yang jadi juara pada hari ini, Sabtu (17/2). Dua tim yang berhak memperebutkan piala tersebut adalah Persija Jakarta dan Bali United. Kedua tim yang bergabung di grup yang sama pada babak penyisihan itu akan bermain di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.
Persija berhasil melaju ke final usai mengalahkan Persatuan Sepak Bola Medan Sekitarnya (PSMS Medan) dengan skor agregat 5-1. Sementara itu, Bali United lolos ke babak final setelah berhasil menjungkalkan Sriwijaya FC dengan skor agregat 1-0.
 
6. Via Valen manggung di final Piala Presiden
Pertandingan final dan perebutan tempat ketiga Piala Presiden 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (17/2), dipastikan meriah. Sejumlah artis ibu kota disiapkan untuk meramaikan laga tersebut. Salah satunya pedangdut cantik Vya Maulidia Octavia atau yang lebih dikenal dengan nama Via Vallen bakal mewarnai final Piala Presiden 2018.
Kehadiran Via Vallen tentu membuat SUGBK bergoyang. Alunan musik dangdut yang dinyanyikannya bisa menyihir puluhan ribu penonton yang hadir langsung ke stadion tersebut.
 
7. Pertunjukan barongsai dari juara dunia barongsai
Taman Impian Jaya Ancol akan menampilkan pertunjukan juara dunia barongsai dalam rangka memeriahkan perayaan tahun baru China Imlek, hari ini (17/2).
Juara dunia yang akan ditampilkan dalam perayaan Imlek di Ancol, yaitu tim barongsai Kong Ha Hong Lion Dance Troupe. Pertunjukan barongsai itu akan berlangsung di Pantai Laguna, Ancol, Jakarta Utara.
Seluruh pengunjung tidak hanya dapat menikmati pertunjukan barongsai di kawasan pantai, tetapi juga di seluruh wahana rekreasi lainnya yang ada di kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *