Soal ketelatenan dan kedisiplinan, warga Jepang memang juaranya. Hal ini tercermin hampir pada setiap aspek kehidupannya. Mulai dari hal sepele seperti tata krama menaiki kereta, membuang sampah pada tempatnya, hingga kebiasaan makan sampai bersih.
Kakeibo, prinsip atur keuangan ala Jepang. (Foto: @debtfreeb4spree & @fi.crosby – Instagram)
Selain tingginya nilai-nilai kedisiplinan yang dianut, rupanya ada hal lain yang bisa kamu pelajari dari warga Jepang. Yaitu trik cermatnya dalam menyimpan dan mengatur keuangan.
Trik jitu ini bernama Kakeibo.
Konsep penataan keuangan ini sudah ada sejak lama, lebih dari puluhan atau ratusan tahun lalu. Namun Kakeibo kembali dipopulerkan secara luas setelah penulis Fumiko Chiba membuat versi bahasa Inggrisnya.
Kakeibo sejatinya memiliki pola dan konsep yang amat sederhana. Namun jika dijalani dengan patuh, maka kondisi keuangan kamu pun dijamin akan aman terkendali.
Setiap bulan, yang perlu kamu lakukan hanyalah menekuni dan mengisi buku jurnal Kakeibo yang kamu miliki. Di dalam buku Kakeibo, kamu bisa merencanakan jumlah uang yang akan kamu habiskan dan tabung dalam sebulan ke depan.
Setelah membuat perencanaan, kamu diharuskan menjawab empat pertanyaan sederhana.
Seberapa banyak uang yang kamu punya? Seberapa banyak yang akan kamu tabung?
Seberapa banyak yang akan kamu habiskan?
Apa yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kondisi keuangan kamu?
Setelah menjawab empat pertanyaan tersebut, kamu harus membagi uang yang kamu miliki dalam empat kategori. Yaitu: kebutuhan pokok (makan, transport, kesehatan, uang kos, dll), opsional (makan di luar, beli baju baru, kesenangan pribadi), hiburan (beli buku, nonton), dan pengeluaran tak terduga (memperbaiki barang rusak, beli hadiah,dll).
sumber : www.kumparan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *