GOL.id – Dalam beberapa hari belakangan ini, orang-orang dibuat terpesona oleh bunga misterius yang memiliki keindahan yang menakjubkan. Menurut cerita, bunga legendaris itu hanya mekar setiap 3.000 tahun sekali.

Namun jangan berharap kita bisa melihat keindahannya dengan mata telanjang. Masalahnya, bunga ini ukurannya sangat kecil sehingga butuh kaca pembesar untuk menyaksikan keindahannya.

Dijuluki Udumbara atau Youtan Polua yang berarti bunga dari surga dalam bahasa Sansekerta, bunga ini sekarang memasuki musimnya untuk mekar dan telah dilihat di seluruh dunia.

Tapi tidak ada yang menyangka bahwa dalam ukurannya yang sangat kecil itu, dia bisa bertahan hidup ribuan tahun dan tumbuh di mana-mana. Mulai dari permukaan kaca, kayu, hingga logam sekalipun.

Bukan itu saja keistimewaan dari bunga surga ini. Udumbara memiliki aroma yang sangat wangi meski ukurannya sangat mini.

Ding, seorang petani dari China berbagi kisahnya saat menemukan bunga ini pada tahun 2007.

Bunga itu tumbuh di batang pipa di kebunnya. Ketika itu ada sekitar 38 kuntum bunga Udumbara terlihat bermekaran di atasnya.

Masih di tahun yang sama, sekelompok bunga Udumbara terlihat di Taiwan. Penduduk di sana percaya jika ada bunga Udumbara terlihat, maka akan mendatangkan berkah di wilayah mereka.

Bahkan seorang artis Taiwan menemukan bunga Udumbara di rumahnya. Dia berkata bahwa itu adalah sebuah keajaiban.

“Bunga ini sangat kecil dan sulit dilihat menggunakan mata biasa. Namun baunya sangat harum memenuhi seluruh ruangan rumah,” katanya.

Tahun demi tahun berlalu. Pada tahun 2010 seorang biarawan bernama Miao Wei dari pegunungan Lushan, China, menemukan seikat bunga Udumbara ketika sedang mencuci bagian bawah mesin cucinya.

Awalnya dia hanya berpikir bahwa itu adalah telur serangga. Tetapi keesokan harinya benda yang dikiranya telur itu berubah menjadi bunga putih yang cantik dan harum.

Memang sebagian orang yang tidak pernah melihat akan mengira Udumbara adalah telur serangga. Periode bunga Udumbara mekar juga terbilang luar biasa karena bisa mencapai 1 tahun.

Terlepas dari itu semua, fenomena bunga Udumbara memang sangat unik dan langka di dunia

Jadi, bagi Sahabat Dream yang menemukan ada bintik-bintik putih menggerombol di permukaan logam, kayu, ata kaca, cepat ambil kaca pembesar, siapa tahu itu adalah bunga Udumbara.

Mengenai keunikannya yang katanya mekar 3.000 tahun sekali, semuanya berpulang pada masing-masing orang yang melihatnya.

(Sumber: Siakapkeli.my)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *