Surabaya, GOL.id – Debat kusir Cawagub Emil dengan Cawagub Puti Guntur dalam debat cagub Jatim, Selasa (10/4) malam, menyita perhatian banyak pihak. Salah satunya lembaga survey Indonesia Indicator.
Berdasar data Indonesia Indicator, yang memantau perbincangan netizen di media sosial pada acara debat Pilgub Jatim, terlihat respons negatif untuk pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak lebih tinggi dibanding Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Soekarno. Netizen merespons negatif aksi agresif Emil yang menganggap menyerang secara personal terhadap Puti.

Awalnya, Cawagub pasangan Khofifah Indar Parawansa itu mendapat pujian dari netizen. Emil dianggap sebagai sosok yang mewakili generasi muda (kaum milenial).
“Namun pada sesi kedua, tepatnya debat antar cawagub, Emil tak bisa menahan diri saat menjawab pertanyaan dari Cawagub Puti Guntur Soekarno terkait bayi gagal tumbuh atau stunting di Trenggalek di mana Emil menjadi bupati,” kata Direktur Komunikasi Indonesia Indicator Rustika Herlambang, Rabu (11/4/2018).

Bahkan emosi kedua Cawagub itu membuat host debat Alfito Dennova Gintings dan Anisa Dasuki sampai harus menengahi dan memotong debat kedua cawagub. Alfito dan Anisa mendatangi Emil dan Puti, lalu memisahkan dua cawagub itu.
Perdebatan itu membuat respons netizen ke Emil menjadi negatif, berdasarkan data Indonesia Indicator. Netizen merasa kecewa bahkan marah dengan sikap Emil yang agresif.
“Petanya berubah. Paslon satu ada warna ungu (kecewa), ada warna biru (kaget) , ada warna merah. Itu adalah emosi netizen yang agak marah dengan perdebatan ini,” ungkap dia.
Dari hasil yang dilakukannya, Rustika melihat netizen bereaksi dan yang diserang netizen bukan pasangan calon nomor urut dua (Gus Ipul-Puti), tapi calon nomor urut satu (Khofifah-Emil).

Warna merah sebagai tanda kemarahan netizen penuh sekali menghiasi sentimen ke Emil pada segmen debat itu. Adapun sentimen positif lebih banyak berlabuh ke Puti. “Bahkan sampai akhir diskusi, orang masih membicarakan debat itu,” tambah dia.
(ze/bdh)

Zaenal Effendi – detikNew

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *