Yogyakarta (05/06), Penggerak Budaya Nusantara telah menyelenggarakan Sarasehan Nasional: Indonesia Kita di Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta. Sarasehan yang mengusung tema Bersatu Dalam Menyelesaikan Persoalan Bangsa tersebut diikuti oleh berbagai mahasiswa dari berbagai macam universitas yang ada di Yogyakarta seperti UIN Sunan Kalijaga, UGM, UNY, UMY dan kampus swasta lainnya. Selain itu juga diikuti oleh para santri pondok pesantren dan ormas yang ada di Yogyakarta.

Panitia mengundang berbagai narasumber dengan berbagai latar belakang dan profesi untuk membahas tema sarasehan tentang persoalan bangsa. Diantaranya adalah Kombes. Pol. Rudi Heru Susanto, SH, MH (Polda DIY), Kolonel Inf. Jaelan, S.IP (Korem 072/ Pamungkas), Drs. Sihono, H.T., M.Si. (PWI DIY), KH. Ahmad Sugeng Utomo (Penggerak Budaya Nusantara), Drs. Tri Saktiyana, M.Si. (Disperindag DIY), Dr. Ahmad Norma Permata, Ph. D (Muhammadiyah), Syaifuddin Al Gozhalie (Ansor DIY), dan Beni Susanto (LSM DIY). Diskusi narasumber di pimpin oleh Prof. Drs. Purwo Santoso, MA. Ph.D selaku Moderator sekaligus Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta.

Prof. Purwo Santoso menyimpulkan bahwa untuk menyelesaikan persoalan bangsa harus ditangani di semua sektor secara bersama-sama.

“Tidak bisa pemerintah saja yang harus menyelesaikan persoalan bangsa. Namun rakyat juga harus ikut andil.” Simpulnya selaku moderator diskusi.

Beliau menambahkan bahwa hal yang sangat penting adalah penggunaan media yang menjelma seperti dua mata pisau. Bisa sangat bermanfaat jika digunakan sesuai peruntukannya, namun bisa sangat berbahaya jika tidak digunakan sangat bijak. Media ibarat angin yang membawa paham, ide dan gagasan keseluruh penjuru lapisan masyarakat.


Sarasehan tersebut diikuti oleh 300 peserta dari berbagai mahasiswa dan ormas di Jogja. Setelah acara selesai dilanjutkan dengan buka bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *